Monday 13 October 2014

Mainan Pendeteksi Kebohongan

Mainan Pendeteksi Kebohongan

Kokoro Scanner
Mungkin mainan ini bisa dicobakan dipakai untuk para koruptor, karena mereka sangat pandai berbohong walalupun sudah ditunjukkan barang bukti. Mainan canggih buatan Jepang itu dapat digunakan untuk mendeteksi kebohongan seseorang. Alat itu akan berubah warna untuk menunjukkan apakah sang pemakai berkata jujur atau sedang berbohong.

Kokoro Scanner diproduksi oleh sebuah perusahaan yang berbasis di Tokyo, yaitu Takara Tomy. Alat pendeteksi kebohongan tersebut akan mulai dijual mulai 30 Oktober mendatang dengan harga 51 dolar Amerika atau sekitar 600 ribu rupiah. Mainan itu akan dilengkapi juga dengan ikat kepala dan kartu-kartu pertanyaan.


Cara kerja Kokoro Scanner cukup mudah, sama seperti mesin pendeteksi kebohongan pada umumnya. Japan Trend Shop menjelaskan bahwa Kokoro Scanner akan membaca perubahan pada denyut nadi orang yang memakainya. Mainan itu akan mendeteksi hal yang dirasakan tubuh sang pemakai ketika ditanyai pertanyaan tertentu.

Ada tiga lampu indikator pada Kokoro Scanner, yaitu hijau, kuning, dan merah. Lampu hijau menunjukkan kejujuran, lampu kuning mengisyaratkan bahwa sang pemakai tidak mengatakan seluruh kebenaran dan lampu merah menyatakan bahwa sang pemakai berbohong.


No comments: